Frequently Asked Questions

Pertanyaan Umum
A : Sambat Online adalah Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu online Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Malang. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengirimkan saran, kritik, pertanyaan atau pengaduan seputar Pemerintah Kota Malang.
Instansi Penanggung Jawab adalah instansi yang berwenang untuk memberikan tindak lanjut dan menanggapi aduan maupun aspirasi yang masuk dari pengguna, hal ini mencakup keseluruhan kanal SAMBAT.
Dengan mengunduh, mengakses, menjelajahi dan atau menggunakan layanan SAMBAT ini, berarti Pengguna setuju untuk terikat oleh Ketentuan Penggunaan Layanan ini. Jika Pengguna tidak setuju dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, pengguna harus segera menghentikan akses dan penggunaan layanan yang ditawarkan pada SAMBAT.
Jika pengguna terbukti menggunakan aplikasi untuk tujuan yang membahayakan, merugikan, atau di luar tujuan penggunaan yang dimaksudkan dalam aplikasi ini, maka penyedia layanan aplikasi tidak bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan.
Pengelola layanan tidak memiliki kewajiban menghilangkan informasi pengguna atau laporan yang tampil pada hasil pencarian mesin pencari.
A : Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Setelah mendaftar, Anda dapat masuk (login) dengan menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya.
Pendaftaran hanya dilakukan satu kali saja, untuk selanjutnya Anda dapat menggunakan akun yang sama untuk menggunakan aplikasi ini kembali. Anda diwajibkan mengisi data dengan sebenar-benarnya sesuai dengan identitas Anda.
A : Klik menu daftar untuk memulai pendaftaran user. Harap mengisi semua isian dengan sebenar-benarnya, kesalahan pengisian merupakan tanggung jawab user.
Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan sms berisi kode aktivasi user. Anda tidak dapat masuk (login) sebelum mengaktifkan akun Anda. Login dengan menggunakan akun Anda dan silakan memulai menggunakan aplikasi ini.
Pertanyaan Tiket SAMBAT
A : Buat tiket SAMBAT setelah masuk ke aplikasi, klik buat tiket untuk melayangkan TIKET. Untuk versi SMS, Anda cukup mengirim SMS dengan format SAMBAT(spasi)ISI SAMBATAN ANDA ke nomor kanal SAMBAT. Untuk versi Android App, Anda diharuskan menginstall aplikasi SAMBAT yang dapat diunduh di Google Playstore (jika sebelumnya telah mendaftar melalui website, maka Anda tidak perlu melakukan pendaftaran kembali di versi Android)
A : Aplikasi SAMBAT Online akan memverifikasi semua tiket yang masuk, kemudian akan didisposisi kepada OPD terkait sesuai dengan isian SAMBAT Anda. Tanggapan tiket akan disesuaikan dengan kanal tiket masuk, jika kanal yang digunakan adalah website maka aplikasi akan memberi tanggapan melalui kanal website. Jika melalui SMS, maka aplikasi akan memberi tanggapan melalui SMS.
A : SAMBAT Online sekarang ini terhubung dengan LAPOR sehingga mempermudah Anda untuk melayangkan pengaduan, saran, kritik dll kepada Pemerintah Kota Malang.

Twitter @PemkotMalang