Ketentuan Penggunaan (Terms of Use) Layanan SAMBAT ONLINE!

  1. Definisi
    1. Sistem Informasi Masyarakat Bertanya Terpadu (SAMBAT) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website sambat.malangkota.go.id, SMS 081333471111, aplikasi Android.
    2. Perangkat Daerah pengelola SAMBAT ONLINE adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang sebagaimana mekanisme pengaduan yang telah diatur dan ditetapkan dalam Peraturan Walikota Malang Nomor 19 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Pemerintah Kota Malang.
    3. Perangkat Daerah/BUMD Penanggung Jawab adalah Perangkat Daerah/BUMD yang berwenang untuk memberikan tindak lanjut dan menanggapi aduan maupun aspirasi yang masuk dari pengguna, hal ini mencakup keseluruhan kanal SAMBAT-ONLINE.
    4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan SAMBAT ONLINE untuk menyampaikan aspirasi, laporan dan komentar terkait dengan pelayanan publik melalui SAMBAT ONLINE.
    5. Akun adalah informasi yang digunakan oleh pengguna, pengelola, dan penanggung jawab untuk masuk ke SAMBAT ONLINE.
    6. Pendaftaran adalah proses untuk membuat akun SAMBAT ONLINE.
    7. Fitur adalah segala bentuk fungsi yang terdapat dalam SAMBAT ONLINE mencakup keseluruhan kanal.
    8. Tiket adalah id pengaduan yang telah dibuat.
  2. Pentingnya Ketentuan Penggunaan Layanan
    1. Dengan mengunduh, mengakses, menjelajahi dan atau menggunakan layanan SAMBAT ONLINE ini, berarti Pengguna setuju untuk terikat oleh Ketentuan Penggunaan Layanan ini. Jika Pengguna tidak setuju dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, pengguna harus segera menghentikan akses dan penggunaan layanan yang ditawarkan pada SAMBAT ONLINE.
    2. Kebijakan ini berlaku untuk semua kanal layanan SAMBAT ONLINE.
  3. Perubahan Ketentuan Penggunaan Layanan
    1. Penyedia layanan berhak untuk mengubah ketentuan penggunaan ini setiap saat dan memberitahukan setiap perubahan kepada pengguna. Ketentuan yang baru akan menggantikan ketentuan yang sebelumnya telah disetujui.
  4. Syarat Penggunaan
    1. Aplikasi SAMBAT ONLINE hanya digunakan untuk menyampaikan aspirasi, pengaduan, dan permintaan informasi terkait pelayanan publik.
    2. Pengguna tidak diperbolehkan untuk menggunakan identitas pribadi milik orang lain untuk menggunakan layanan SAMBAT ONLINE dan wajib menjaga kerahasiaan informasi yang didapatkan di aplikasi SAMBAT ONLINE.
    3. Pengguna tidak diperkenankan menyalahgunakan data dan informasi yang terdapat dalam layanan aplikasi SAMBAT ONLINE untuk tujuan yang merugikan pihak lain serta melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Pengguna tidak diperbolehkan memberikan pengaduan dan informasi yang mengandung unsur diskriminasi atau berpotensi menimbulkan konflik suku, agama, ras, dan antar- golongan (SARA), menistakan, melecehkan, dan/atau menodai nilai-nilai agama.
    5. Penggunaan layanan SAMBAT ONLINE adalah untuk kepentingan pribadi, non-komersial, dan tidak boleh digunakan untuk tujuan yang merugikan pihak lain.
    6. Dengan mengirimkan teks, gambar, video, file dan lampiran lain saat menggunakan layanan, pengguna dengan ini memberikan lisensi kepada pengelola layanan atas materi tersebut dengan ketentuan bebas royalti atas penggunaan dan pendistribusian materi tersebut kepada pihak ketiga.
    7. Penyedia layanan tidak memungut biaya apapun terhadap penggunaan layanan. Namun segala bentuk biaya yang diperlukan termasuk penyediaan telepon seluler, komputer, dan atau peralatan lain yang diperlukan untuk mengakses layanan, koneksi internet, Short Message Service (SMS), dan keperluan telekomunikasi lainnya merupakan tanggung jawab pengguna.
  5. Tindak Lanjut pada SAMBAT ONLINE
    1. a. Penanganan aduan dan/atau aspirasi yang diajukan oleh pengguna melalui SAMBAT ONLINE akan mengikuti proses bisnis yang ada sebagaimana tercantum dalam Standar Layanan SAMBAT ONLINE.
    2. Penanganan aduan dan/atau aspirasi menjadi kewenangan dan tergantung dari keterhubungan dan kapabilitas masing-masing Perangkat Daerah/BUMD penanggung jawab.
  6. Kerahasiaan dan Informasi Pribadi
    1. Dengan menggunakan layanan pengaduan ini, pengguna setuju dan memahami bahwa informasi yang terkait dengan data pribadi dan data pengaduan atau aspirasi dari pengguna akan diberikan kepada Perangkat Daerah/BUMD terkait yang berhubungan dengan aduan dan atau aspirasi yang disampaikan oleh pengguna. Namun demikian, pengelola layanan memberikan jaminan kerahasiaan data dan informasi pada SAMBAT ONLINE.
    2. Layanan SAMBAT ONLINE mengumpulkan data pribadi pengguna sebagai jaminan keabsahan dari aduan atau aspirasi yang disampaikan. Adapun data pribadi yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:
      1. Nama pengguna sebagai pengenal identitas ;
      2. Alamat;
      3. Profesi;
      4. No telepon ;
      5. Alamat Email
  7. Hak-hak Pengguna
    1. Pengguna berhak memiliki akun dalam menggunakan layanan pengaduan ini.
    2. Pengguna berhak memanfaatkan fitur yang terdapat dalam layanan SAMBAT ONLINE.
    3. Pengguna dapat mengganti kata sandi dan informasi akun miliknya.
    4. Pengguna mendapatkan jaminan anonimitas dan kerahasiaan aduan yang dikirimkan selama pengguna memberikan keterangan bahwa informasi yang diberikan adalah anonim dan rahasia.
    5. Pengguna dapat meminta pemusnahan data pribadi.
    6. Jika diminta oleh pengguna, pengelola layanan dapat membantu pengguna untuk mengoperasikan akun tersebut dalam batas yang wajar. Dalam hal demikian, pengelola layanan dapat mengakses akun pengguna dan menjalankan akun tersebut sejauh yang diperlukan untuk menyediakan bantuan.
    7. Pengguna berhak menyampaikan pengaduan berupa keluhan, kritik, dan pernyataan ketidakpuasan lainnya atas pelayanan yang diterima.
    8. Pengaduan disampaikan paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak pengguna menerima pelayanan.
    9. Pengguna berhak memperoleh tanggapan sebagai tindak lanjut atas pengaduan yang disampaikannya sesuai prosedur dan mekanisme yang ditetapkan sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan.
    10. Pengguna berhak mengetahui hasil penanganan pengaduan terhadap pengaduan yang disampaikannya.
  8. Kewajiban Pengguna
    1. Pengguna wajib menggunakan data pribadi milik sendiri.
    2. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan data pribadinya saat menggunakan layanan pengaduan.
    3. Pengguna wajib menyampaikan laporan secara jelas.
    4. Pengguna wajib menjaga informasi yang didapatkan dari pelayanan pengaduan ini apabila informasi tersebut mengandung kerahasiaan data negara dan/atau pihak lain.
    5. Jika akun pengguna diretas atau dicuri sehingga pengguna kehilangan kontrol atas akunnya, maka pengguna wajib memberitahu pengelola layanan sesegera mungkin agar pengelola layanan dapat menonaktifkan akun pengguna dan melakukan tindak pencegahan lainnya.
  9. Hak-hak Pengelola SAMBAT ONLINE
    1. Pengelola layanan berhak mengelola informasi yang disampaikan oleh pengguna dalam menyampaikan aduan atau aspirasi untuk kepentingan tindak lanjut dengan pihak ketiga (Perangkat Daerah/BUMD terkait) sebagaimana diatur dalam syarat dan ketentuan yang berlaku.
    2. Pengelola layanan berhak menghapus aduan maupun aspirasi yang tidak sesuai dengan syarat penggunaan dan kewajiban pengguna.
    3. Pengelola layanan berhak memberikan informasi data pribadi pengguna kepada pihak ketiga sesuai dengan proses bisnis selama tidak bertentangan dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Pengelola layanan berhak menonaktifkan akun pengguna jika pengguna terbukti melanggar syarat penggunaan dan kewajiban pengguna.
    5. Pengelola layanan berhak membatalkan segala transaksi yang mencurigakan atau tidak sesuai dengan syarat penggunaan dan kewajiban pengguna.
  10. Kewajiban Pengelola SAMBAT ONLINE
    1. Pengelola layanan wajib memiliki mekanisme untuk menjamin kerahasiaan data dan informasi yang tersimpan di dalam sistem sesuai dengan proses bisnis dan syarat layanan.
    2. Pengelola layanan wajib memiliki mekanisme untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi pengguna yang tersimpan di dalam sistem.
    3. Pengelola layanan wajib memiliki mekanisme yang mendukung pemenuhan hak-hak pengguna.
  11. Pernyataan dan Pengecualian Kewajiban Penyedia Layanan
    1. Pengelola layanan tidak menjamin bahwa SAMBAT ONLINE akan selalu dapat diakses, tanpa gangguan, tepat waktu, aman, bebas dari kesalahan atau bebas dari virus komputer atau hal yang merusak lainnya, dan atau bahwa layanan tidak akan terpengaruh oleh fasilitas infrastruktur, listrik atau telekomunikasi, kurangnya infrastruktur atau kegagalan teknologi informasi.
    2. Pengelola layanan tidak bertanggung jawab atas kesalahan menjelajahi situs dan atau mengunduh versi aplikasi mobile yang dilakukan pengguna dan ketidakcocokan perangkat yang digunakan pengguna, serta dampak resiko yang terjadi akibatnya.
    3. Jika pengguna terbukti menggunakan aplikasi untuk tujuan yang membahayakan, merugikan, atau di luar tujuan penggunaan yang dimaksudkan dalam aplikasi ini, maka penyedia layanan aplikasi tidak bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan.
    4. Pengelola layanan tidak memiliki kewajiban menghilangkan informasi pengguna atau laporan yang tampil pada hasil pencarian mesin pencari.
  12. Lisensi/ Perijinan
    1. Penyelenggaraan layanan pengaduan telah diatur dalam Peraturan Walikota Malang Nomor 19 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Pemerintah Kota Malang.
  13. Pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan
    1. Pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Twitter @PemkotMalang